Cari Blog Ini

Kamis, 27 September 2012

Matematika Itu Menyenangkan



Belajar matematika bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menakutkan dan terkesan pelajaran angker, mengapa saya katakan demikian, sebab terbukti sejak saya duduk di bangku sekolah dan kebanyakan pengalaman orang lain pada umumnya pelajar benci, takut, merasa tegang ketika memasuki pelajaran matematika.Matematika menjadi "setan" yang sering kali menghantui siswa.

Mengapa hal ini bisa terjadi ??
Ini adalah jawaban dari permasalahan tersebut yaitu :
  1. kesulitan yang dihadapi karena rumus yang terlalu banyak dan kurangnya contoh soal-jawab menjadi alasan mengapa pelajaran ini begitu di benci oleh siswa.
  2. terkadang guru yang mengajarkan matematika sama seramnya dengan pelajaran ini, he..he.. saya menggunakan kata seram sebab ketika sudah belajar matematika, kebanyakan siswa berkeringat dingin dan pucat laiknya orang yang sedang melihat setan. Artinya jika pelajaran matematika di berikan sebaiknya guru bidang studi tersebut mesti pandai-pandai dalam meramu pelajaran ini sehingga menjadi menyenengkan dan pengalaman saya dahulu, guru bidang studi matematika yang pandai melucu melalui pelajaran matematika menyebabkan pelajaran ini justru adalah pelajaran yang ditunggu-tunggu.
  3. rasa malas yang tertanam dalam diri siswa untuk mau tahu dan terus belajar matematika serta menghafal, tidak seperti pelajaran sosial yang bisa di karang.
  4. matematika sebenarnya pelajaran yang sangat menyenangkan ketika kita terbiasa belajar, mencatat, menjawab soal, terbiasa bertemu dengan angka-angka tapi perlu diketahui adalah hal yang jarang siswa mau melakukan hal seperti itu, mungkin karena perkembangan tekhnologi yang disuguhkan di zaman sekarang yakni banyaknya permainan atau games2 yang justru lebih menarik perhatian untuk dikerjakan dibandingkan dengan menggeluti pelajaran matematika.
  5. masih kurangnya media pembelajaran yang memadai di sekolah-sekolah yang bisa membangkitkan gairah belajar siswa.
  6. siswa terkadang ketika mengerjakan soal matematika dan tidak bisa melanjutkannnya hingga selesai karena terbentur dengan penyelesaian yang tak berujung hasil dan tidak ada tempat untuk berbagi jawaban sehingga mereka umumnya cuek dan malas untuk cari tahu karena kebanyakan orang yang mereka tempati bertanya adalah orang yang juga kurang suka dengan matematika sehingga semangatnya menjadi pudar, he..he..
  7. mencari guru private atau membuat kelompok belajar atau club belajar matematika adalah langkah yang sangat bagus untuk menyelesaikan setiap permasalahan matematika yang dihadapi oleh siswa sehingga bisa terus semangat dalam menyelesaikan soal-soal karena punya teman atau orang yang bisa membangkitkan semangatnya.
  8. dan masih banyak lagi jawaban lainnya.
Menurut Hellen Maclnnes , " Tidak ada yang menarik jika Anda tidak merasa tertarik", artinya anda akan merasa senang dengan matematika ketika anda punya ketertarikan terhadap pelajaran tersebut.

Menurut Thomas A. Edison Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. tidak akan dapat menggantikan kerja keras.

Hidup tak selalu indah, tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan.

1 komentar:

Wedoscage mengatakan...

maap .. saya kok nyasar kesini yach ... bingungg :)
sekalian aja dech .. like back yach .. sob .. :)
http://pekerjacepat.blogspot.com/

Posting Komentar